Thursday, February 21, 2013

Merawat Sepeda Anda ( Jilid VI )


HELM DAN PAKAIAN SEPEDA
 
Disaat bersepedaan dibutuhkan keahlian untuk mengendalikan sepeda anda terutama di jalan raya, selain keahlian, anda sebaiknya memperhatikan accessories yang dibawa, antara lain : Helm dan Pakaian sepeda. Dibawah ini ada beberapa tips yang harus diperhatikan supaya aman dan nyaman.

1.   Berpakaian dengan benar. Pakailah helm khusus sepeda dan baju khusus sepeda dan usahakan pakaiannya berwarna terang. Cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini sebaiknya siapkan jas hujan yang tidak menganggu keseimbangan dan kenyamanan anda disaat bersepeda. Dianjurkan memakai jas hujan khusus sepeda yang bisa anda dapatkan di toko-toko sepeda di kota anda.

2.   Selalu memperhatikan tanda-tanda/rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya, Tidak ada perlakuan khusus terhadap pembawa sepeda dijalan raya, seperti pengguna jalan lainnya, selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

3.    Bersepedaanlah pada jalur yang benar. Jangan sekali-kali melawan arus jalan, karena pengemudi kendaraan bermotor tak selalu memerhatikan sepeda yang melaju di jalur jalan yang salah.

4.   Menurut beberapa penelitian, pemakaian headphone disaat bersepedaan akan menutupi telinga kita rapat-rapat sehingga kewaspadaan keadaan sekitarnya berkurang.

5.   Kedua tangan kita selalu dalam keadaan siap mengerem. Disaat kita bersepeda dalam kecepatan tinggi, tak bisa berhenti jika mengerem dengan menggunakan satu tangan dan usahakan menjaga jarak dengan kendaraan lain.

6.  Selalu memerhatikan jalan di belakang dan samping anda. Belajarlah untuk merespon segala keadaan yang ada di belakang dan samping anda tanpa harus kehilangan keseimbangan dan kendali sepeda anda.

7.  Gunakan lampu disaat malam hari. Menggunakan lampu disaat malam hari selain membuat jalan yang akan anda lalui terang, juga akan membantu pengemudi kendaraan lain mengetahui keberadaan anda. Tidak hanya lampu depan tapi juga dibutuhkan lampu yang dipasang dibelakang atau reflector. Dianjurkan menggunakan lampu yang lebih standard dan berkualitas bagus agar hasilnya bisa maksimal.

8.  Isyarat tangan untuk memberikan tanda. Jangan merasa segan atau malu dalam memberikan isyarat/tanda dengan menggunkan tangan anda kepada pengguna jalan lainnya tentang arah mana yang akan anda lalui.















No comments:

Post a Comment